• +62 088 999 123

Pariwisata Jadi Sumber Pendukung Peningkatan Potensi Lokal

pariwisata-jadi-sumber-pendukung-peningkatan-potensi-lokal.jpg

BOGOR UTARA, Kota Bogor - Pembangunan kepariwisataan dikembangkan dengan pendekatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat dan pembangunan yang berorientasi pada pengembangan wilayah, bertumpu kepada masyarakat, dan bersifat memberdayakan masyarakat yang mencakup berbagai aspek.

Aspek-aspek tersebut meliputi sumber daya manusia, pemasaran, destinasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, keterkaitan lintas sektor, kerja sama antar banyak pihak, pemberdayaan usaha kecil serta tanggung jawab dalam pemanfaatan sumber kekayaan alam dan budaya.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi saat menerima kunjungan kerja Pansus Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (RIPPARDA) DPRD Kota Pekanbaru, Riau di ruang rapat Disparbud, Jalan Pandu Raya, Bogor Utara, Kota Bogor, Kamis (19/12/2019).

"Penyelenggaraan kepariwisataan ditujukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), memperluas dan memeratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan daerah, memperkenalkan dan mendayagunakan daya tarik wisata serta destinasi,"ungkap Shahlan.

Maka, kata Shahlan, tidak heran bila saat ini pariwisata bagi banyak daerah di Indonesia sangat diandalkan sebagai sektor unggulan dengan kemampuannya menjadi penopang ekonomi daerah seperti halnya di Kota Bogor.

"Sebagai salah satu sektor pembangunan, pariwisata menjadi sumber daya yang dapat mendukung peningkatan potensi lokal yang ada. Sehingga mampu memperkecil kesenjangan yang terjadi dengan daerah lain yang memiliki sumber daya sejenis," paparnya. (Humas Disparbud Kota Bogor/DN)

Editor : Admin Disparbud

Share On : Twitter Facebook Google+